• Blogger Template Preview
  • Blogger Template Preview

Labels:

Bila selama ini kita hanya melakukan paralel untuk receivers saja, ada baiknya memiliki pemahaman tentang paralel banyak antenna dengan multi lnb untuk 1 unit televisi.
Cara memparalel 7 unit antenna parabola dengan fokus antenna 8 LNBF yang digunakan untuk 1 unit receiver saja adalah sebagai berikut:
Skema Paralel antenna
Cara ini sangat cocok digunakan untuk fixed antenna parabola atau untuk antenna yang tidak menggunakan motor/ hidrolik. Bagi para satellites trackers sepertinya hal ini sangat bermanfaat untuk melakukan pelacakan setiap satelit yang terdapat di lokasinya sendiri.
Untuk skema rangkaian jalur dari LNB ke Switch diseqc adalah seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
Dari gambar di atas terlihat jelas cara pemasangan yang baik dan benar, serta cara paralel di atas dapat anda gunakan untuk paralel antenna parabola yang menggunakan LNB C-Band dan KU-Band atau LNB Combo kecuali untuk LNB S-Band atau Prabayar/Pay TV.

Untuk setting receiver, maka setiap satelit yang telah di tracking menggunakan program antenna sebagai berikut:
[Lihat gambar paling atas]

1. Satelit Palapa D: 22k=off, diSEqC=Port 1.

2. Satelit Telkom 1: 22k=on, diSEqC=Port 1.

3. Satelit Apstar6: 22k=off, diSEqC=Port 2.

4. Satelit Yamal 202: 22k=on, diSEqC=Port 2.

5. Satelit Thaicom 5: 22k=off, diSEqC=Port 3.

6. Satelit Insat 3A: 22k=on, diSEqC=Port 3.

7. Satelit Chinasat 6B: 22k=off, diSEqC=Port 4.

8. Satelit Eutelsat 172A: 22k=on, diSEqC=Port 4.



Selamat mencoba!

Salam......

Niassat Service,
Gunungsitoli, Pulau Nias.




Comments (20)

Terima kasih banyak Tipsnya, ini yang saya cari, kemudian dari ketujuh parabola tadi misal salah satunya saya ganti pakai yang model gerak apakah bisa ? setelanya apakah juga harus dirobah ?
Mohon pencerahanya Bro, makasih.

Sama2 mas bro, slam kenal aja.

KAlau mau salah satunya pakai dish gerak (aktuator) pasti bisa dongk mas. yang penting pengaturan switch diseqc dan 22k-nya tepat.
Gunakan saja LNB yang Inside switch 22k. jadi tinggal nambah switch diseqc 4x1 satu unit saja.

hal ini bisa berhasil 100% tanpa gangguan atau batasan polaritas, kecuali bila switchnya lemah atau bocor.

Bila anda menemukan cara lain di dunia maya mengenai cara pasang ini dengan jalur yang berbeda dimana kabel coax dari LNBF (single/tanpa switch) langsung ke switch diseqc 4x1 dengan mengunakan 2 unit switch diseqc , lalu dari output kedua switch 4x1 di masukkan ke switch 22k, maka hasilnya akan menjadi 10% saja.

Ingat dan perhatikan rangkaian yang sebenarnya cuma di Niassat service. (iih, sombong ea...)
selamat mencoba gan..

KALAU 2 BUAH PARABOLA 1 RECEIVER GIMANA SOB? MASING2 PARABOLA ADA 2 LNB. MOHON PENJELASANNYA

Napa mesti susah??
Sekarang ga ada yang perlu susah lagi. Kalau setiap satu dish parabola menggunakan 2 LNB, caranya....silakan point to satellites first to find channels of what satellites you gonna track, lalu di setiap parabola yang punya 2 LNB di atas fokusnya, pilih LNB yang switchnya terletak di dalam LNBF itu untuk menjaga keamanan "switch 22k" tersebut sehingga kabel yang akan dihubungkan ke receiver dari satu parabola adalah satu kabel saja menuju receiver. lakukan hal demikian dengan parabola yang satu lagi. setelah kedua parabola tersebut telah mendapat sinyal yang maksimal dari suatu satelit yang telah anda lacak dimana pengaturan switch 22k di receiver di sesuaikan di setiap satelit, kemudian gunakan "switch diseqc 2x1 atau 4x1" ujung kabel dari parabola yang satu hubungkan ke switch diseqc-nya, contoh di colok ke LNB1. begitu juga yg satunya lagi ke LNB2. nah di receiver aka menambah pengaturan selain 22k tadi yaitu pengaturan switch diseqc di setiap satelit dimana pilihannya yang ada di setiap receiver (rata-rata) adalah Port1/Lnb1 s/d Port4/Lnb4.
sekian, semoga bermanfaat.

gimana cara setting diseq dan receivernya kalau pakai 2 parabola:
parabola 1 untuk c band (4 lnb palapa,telkom,asiasat3,asiasat5),
parabola yang ke 2 untuk ku band (nss6)

thx alot



pakai switch diseqc 4x1 + 1 unit 22k switch.

kabel dari lnb ke switch diseqc 4x1.
plapa D- ke 22k switch dengan posisi OFF, diseqc1.
Telkom1 ke 22k switch dengan posisi ON, diseqc 1
Asiasat3 ke diseqc 2, asiasat 5 ke diseqc 3 dan NSS 6 ke diseqc 4.

mas kalau kita pake 2 reciever satu antena bagaimana caranya, dan apa alat yang perlu di sediakan ?

bagaimana cara, satu parabola bisa ntn 2 tv ato lebih, channelnya bisa milih sesuka hati tdk bentrok dgn rx yg laen..dan apa saja yg harus dibeli.. thanks

@ Mukhtar:
Gunakan Multiswitch (ber-adaptor) + LNB V/H...
dijamin, nyaman nontonnya........

terima kasih balasannya, oya Mas, misal paralel Ku band bisa ga, apa sama paralel lnb c band seperti penjelasan dia atas, krn dgn rx matrix hd ethernet new.. settingan di rx lnb ku 22 k (Universal) kursolnya ga bisa pilih on/of.. Lnb c band (5150) bisa pilih 22k on/off... (yg mau saya paralel satelit ini: vinasat Ku, nss6 KU, astro Ku, palapa, telkom, indovision) terimakasih

kalau Universal 22K sudah berfungsi Otomatis dan ga perlu di set lg.

Mas saya pake 2 satelit indovision n astro,,,,,gimana pengaturan switchnya y?????saya pake switch 4x1,,thanx mas

mas criss yang baik hati dan tidak sombong...heheheheee..... salam kenal dulu dari saya.......
mau nanya ni mas...... kemarin kan saya beli lnb ku band merk tanaka, kecil hitam warna nya, sebelumnya saya juga udah pernah beli lnb kuband kaonsat yang putih, tapi kenapa susah sekali melacak sinyal kuband nya.... padahal saya udah di atas genteng narok parabolanya..... apabila saya pasang lnb kuband nya... sedikit pun gak ada sinyal, apabila saya tukar lnbc band, sinyal nya nangkap tapi sinyal pada siaran berbayar (telkom) yang nangkap.... apa daerah saya kurang bagus untuk nangkap sinyal ya..... oia saya pake parabola kecil bekas indovision mas.....sebelum kasi jawaban... saya ucapkan terima kasih ya mas criss...

@ Alem: set LNB frek: 9750/10600 untuk LNB Ku-bandnya. Pointing dish dilakukan dengan gerakan lebih halus, tidak seperti pada C-band. Pastikan tidak memiliki hampangan di arah depan atas dish indovisnya..

bang, aku pasang 9 lnb, 6 lnb di disc 9 feed jaring (chinasat 6B, chinasat 6A, palapa, telkom, asiasat3, asiasat5), 3 lnb disc bekas indovis (measat3,nss6,indovis). untuk palapa pakai 22k bawaan lnb yg di jamper ke telkom, asiasat3 dan asiasat5 pakai switch 22k, jadinya untuk disc jaring aku pakai diseq 4x1. untuk disc indovision aku pakai diseq 4x1. untuk menggabungkan 2 diseq 4x1 aku coba pakai switch 22k, tapi gak bisa bang, mungkin aku salah pakai switch ya bang, pakai switch apa untuk mengggabungkan 2 diseq 4x1 ini bang?

switch 22k yang sesuai untuk menggabungkan kedua switch diseqc itu adalah 22k super, maksudnya terkhusus saja jenisnya. Seperti merek ZENWELL.

ada gak dijual disiantar tu ya, soalnya diseqc 8x1 aja gak ada dijual disiantar. oya bang aku juga ada masalah lg bang, ku band dan ku band gak bisa dipakai 22k ya bang? nss6 dan measat3 gak bisa jalan, padahal salah satunya sdh ku ON kan dgn Frek LNB 10600, Qualitas sinyalnya sebentar 70% trus ngedrop jadi 0%, begitu terus bolak balik. trus masalah kedua: measat3 dan s band indovision kugunakan 22k, bisa jalan,tapi qualitas sinyal indovision berkurang, kalau langsung tanpa 22k sampai 70% tapi begitu pakai 22k qualitas sinyalnya menjadi 45%, siaran sinemax, hbo, diva msh bisa jalan, tapi siaran indonesia spt indosiar, sctv, rcti, metro jd macet2, apa itu masalahnya bang , Mohon Pencerahannya bang, trimakasih bang... Selamat Tahun Baru 2014 bang... Semoga Niassat Tambah Sukses.

switch 22knya error... ganti yg baru.

Mas, mw nanya gimana cara gabung 3 lnb c band 1 parabola dg 1 kuband dish indovsion ke 1 rceiver, sdh d hubngkan ke switch 4x1 tp yg kuband gk dpat2 snyalny, yg c band snyal aman, apa ada pngaturan lain di rceiver, kubandny sy mw lock st2, mhon pencerahany, trims

Post a Comment

Terima kasih Anda meninggalkan komentar dengan baik dan sopan.
Semoga kemurahan rezeki tertuju di pihak Anda saat ini!