• Blogger Template Preview
  • Blogger Template Preview

GO SHOPPING...

Labels: ,

Berhubung dengan begitu banyaknya jumlah permintaan/ pertanyaan mengenai cara pasang sekat ke tabung lnbf c-band, maka dengan ini Niassat Service akan memberikan gambaran lebih rinci tentang pemasangan sekat, baik yang pakai talenan maupun yang menggunakan kawat.
Untuk memulainya, di halaman ini anda akan dipandu dengan tutorial gambar secara langsung. dan mohon diperhatikan secara seksama.

Lihat hasil tracking satellite ber polaritas L/R di Gunungsitoli, Pulau Nias.
ngajak main..hehe
Hasil tracking satelit pakai talenan/kawat

A. Sekat Menggunakan Talenan
Sedikit hal yang menurut Niassat Service agak bingung memberikan keterangan lebih terperinci tentang apa itu talenan. Talenan ini adalah alas untuk melakukan pengirisan cabai, tomat, bawang dan lain sebagainya. biasanya digunakan oleh para kaum wanita untuk perlatan tempur dapur rumah tangga.
Untuk memilih talenannya, anda tidak diharuskan memilih yang berkualitas terbaik dan produk apa. Yang penting khusus untuk talenan ini sebaiknya yang memiliki ukuran tebal 0,7 cm atau 7mm.
Akan tetapi yang membuat saya bingung adalah bila anda bertanya lagi apa itu talenan.

Sebelum masuk ke intinya, sebaiknya kita pemula harus mengenal cara pasang lnb. Pada gambar di bawah ini akan terlihat bahwa di lnb holder (Bracket LNB) telah terpasang 2 lnbf. Ini sengaja diperlihatkan kepada rekan untuk mengenal cara serta ciri model inside antenna (Ver and Hor) pada LNBF tersebut. 
LNB yang terpasang tersebut adalah merek Hansen dan Digisat. (Mohon maaf bila LNBF-nya sudah lanjut usia). Jenis LNBF hansen keluar lama ada juga yang baru, memiliki arah titik nol yang berbeda dengan arah titik nol pada LNBF Digisat. Dimana produk zaman sekarang ini memiliki kemiripan modif atau model ala LNB C-Band Digisat di bawah ini. Tetapi, bila yang anda miliki adalah merek hansen, anda juga perlu tahu seperti apa cara pemasangan yang baik dan benar di lnbf holder (bracket lnb).
Untuk memasang kedua lnbf ini di bracketnya (pemegang lnb) maka titik nol [0] dari kedua lnbf tersebut harus sejajar dengan garis khatulistiwa (timur-barat) bukan ke utara atau selatan kecuali bila ingin merubah polaritasnya. Titik nol derajat adalah panduan arah lnb yang semestinya anda ikuti. Jangan terfokus dengan yang lainnya, khusus untuk LNBF C-Band produk sampai pada zaman sekarang ini, mungkin ke depan ada yang arahnya ke bawah tanah... hiks....hiks...

Cara pasang lnbf Hansen dan Digisat
Tampilan dari buttom lnbf

Untuk memasukkan Talenannya, silakan lihat gambarnya dan arah yang duluan masuk ke tabung lnb.
Talenan yang dimodif sesuai ukuran tabung LNBF.
 
Posisi Talenan untuk Kedua jenis LNBF C-band
"Trik di atas dapat anda lakukan untuk tracking Yamal 202 dengan posisi Fixed Antenna. Sedangkan kalau pakai motor Antenna, anda juga bisa memutar/ merotasikan arah titik nol derajat sejauh -/+ 45-50 derajat untuk dapat mengelock posisi satelit dari Palapa D hingga ke Yamal 202. [Baca artikel ini!]-> Tapi hal ini bukan yang antenna Anda yang baling  namun untuk dapat mencapai kualitas signal yang masksimum."

Program Setting (Rec.):
Cara setingan untuk receiver dengan menggunakan cara terlihat di gambar di atas adalah Left menjadi polaritas Vertical dan Right menjadi polaritas Horizontal.
Ingat LNB C-Band tidak dapat melacak Polaritas siaran yang menggunakan LEFT atau RIGHT, makanya sekat digunakan untuk merubah polaritasnya. [silakan juga baca halaman ini, klik disini!] Sebaliknya apabila lnbf tersisipkan sekat talenan atau kawat, maka siaran dari satelit lain yang berpolaritas Ver/Hor akan terganggu. Ada baiknnya, talenan sekat dikhususkan untuk satelit yang berpolaritas LEFT and RIGHT.
Untuk memasang sekat ke dalam tabung lnbf, cukup pakai satu lnbf saja. Supaya lnbf lainnya yang ada di lnbf horder dapat difungsikan untuk tracking satelit lain. Lnb yang disekat dapat di gunakan untuk satelit seperti Yamal 202, dan lainnya.

B. Sekat Menggunakan Kawat
Cara pasang lnbf Hansen dan Digisat

Untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik, anda boleh saja memutar arah lnbf yang disekat sejauh 45o (Empat Puluh lima derajat). seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
Siap tracking
 Untuk setingan receiver anda, silakan tekan Menu dan masuk ke Pengaturan Program/ Instalasi dan pilih tambah tranponder atau Tambah program atau saluran. Isi frekuensinya dan Simbol rate-nya lalu untuk polaritas frekuensi yang berpolaritas Left, maka Pilih di rec. anda pol Horizontal dan bila Right, maka pilih jenis polaritas di receiver anda Vertikal (Khusus untuk sekat pakai kawat). Anda siap Tracking sekarang!!!


Jadi, semuanya telah dijelaskan, dan sepertinya ini adalah tutorial terdetail yang anda temukan di halaman niassat service.

Salam...........

Comments (3)

salam kenal Mas Criss JP, saya lokasi Jawa Tengah. Sudah membaca artikel di atas dan sudah mencoba membuat sekat talenannya, beberapa hari yang lalu saya coba tracking pake dish solid 6 ft memburu yamal 202; belum dapat juga, jika pada positioner intelsat 10 lock di angka 900, sampai yamal berhenti di angka berapa ya ? teus titik nol yg tepat apa agak mengarah ke barat daya ? mohon penjelasan dan gambarannya Mas Criss JP...

Bona, titik nol derajat mengaah ke timur barat, dan dish yang sesuai untuk daerah jawa tengah kalau tracking yamal 202 berkisar 8 feet ke atas.
Arah antenna ke arah barat.

mas ane mau tanya,,saya kan traking asiasat 5 menggunakan dish 6 ft mesh,,nah dubai sport dapet 70%,,trus ane beli dish 8 feet mesh baru,,kok dubai sport sama saja dapet 70 - 71 %?? apa yang salah mas?? padahal hanya menggunakan 1 lnb saja,,trimakasih mas,

Post a Comment

Terima kasih Anda meninggalkan komentar dengan baik dan sopan.
Semoga kemurahan rezeki tertuju di pihak Anda saat ini!

YUK SHARING