• Blogger Template Preview
  • Blogger Template Preview

Labels:

Memasang hidrolik pada mounting parabola memang bukan lagi hal yang sangat asing lagi bagi kita yang menggunakan antena parabola di wilayah sendiri untuk menonton siaran Televisi.
Hidrolik ini berfungsi untuk menggerakkan antena parabola ke arah satelit ke satelit lainnya untuk mendapatkan siaran televisi yang terdapat di suatu satelit dimaksud. Namun, dalam pemasangan hidrolik ini, masih banyak rekan pemula (Niassat juga pemula) yang masih belum tahu bagaimana caranya memasang Hidrolik ini.
Hal ini memang gampang-gampang sukar. Bukan juga suka-suka..hehe..
Penggerak motor hidrolik ini dibantu oleh sensor digital yang mampu menyimpan hingga puluhan kapasitas rekaman memori, sering disebut posisioner atau penentu posisi.
Di Pulau Nias, khususnya di Kota Gunungsitoli, sudah banyak terdapat pengguna motor penggerak alias hidrolik ini untuk mendapatkan berbagai macam saluran siaran Televisi Free To Air (FTA) maupun yang berbayar. Walau sesungguhnya tidak semua siaran televisi tersebut bisa kita pahami bahasanya, yah...setidaknya...ngelihat action mereka yang mengesankan mungkin sudah cukup menghibur suasana sepi....(hihi..)
Sebagai langkah yang pertama yang dibutuhkan sebelum memasang tongkat/motor penggerak ini di mounting parabola, sebaiknya distel lebih awal posisi elevasi, deklinasi dan azimuth parabolanya, dari jangkauan barat hingga ke timur atau sebaliknya, hingga dengan satu garis lintangan gerak parabola tepat pada setiap satelit yang dilacak. Bila sudah mantap, saatnya memasang hidrolik, dimana lebih awal kabel perlu dipasangkan dari posisioner ke motor penggerak atau Hidrolik. Lihat cara pemasangan kabel tersebut, dimuat dalam gambar:

gambar disamping menunjukan rangkaian pemasangan kabel hidrolik. Hal ini mungkin setidaknya dapat membantu Anda dalam melaksanakannya.
setelah hal ini dilakukan....langkah selanjutnya adalah mencoba mengetes pergerakan Hidrolik untuk setiap satelit yang berada di Lintasan gerak antena parabolanya. Apabila Sudah mantap, berarti pekerjaan Anda Sudah berhasil dan siap digunakan.
Akan tetapi, ada satu hal yang sering kelupaan ketikan sudah selesai melakukan kegitan sebelumnya diatas, yaitu, adanya  kelalaian dalam hal membatasi pergerakan Hidrolik. Hal ini dapat membuat antenna parabola Anda menjadi tumbang dan tak bisa kembali ke posisi asal, dan bahkan ketika parabola sudah tumbang, hidrolik ini tidak lagi mampu mengangkat atau menariknya sehingga pesan masuk ke monitor posisioner anda adalah "ERROR".
nah, untuk itu, Niassat ingin berbagi sedikit pengalaman yang sebenarnya sudah lama dikenal oleh para senior terdahulu, yaitu dengan cara melakukan pembatasan pergerakan hidrolik yang dapat dilakukan secara manual dan mudah. lihat gambar berikut:
Silakan lakukan sesuai petunjuk pada Gambar di atas. Semoga Bermanfaat...!
Beginilah hasil akhir dari pemasangan Hidrolik dimaksud. Sorry, hidroliknya bukan yang baru.....tapi sudah berumur dewasa. 

Salam,
Niassat Service


Comments (4)

makasih bro, sangat membantu.!! moga sukses selalu

Saya liat ada LNB KU band offset terpasang di foto dish nya.
Buat nangkep siaran apa tuh bro?

Thanks

@ Tomy:
Buat NSS6 bro........

mau nnya kabel 4dipositioner warna apa aja maz

Post a Comment

Terima kasih Anda meninggalkan komentar dengan baik dan sopan.
Semoga kemurahan rezeki tertuju di pihak Anda saat ini!