• Blogger Template Preview
  • Blogger Template Preview

Labels: ,

Merakit LNB (C Band) pada tiang fokus parabola memang merupakan hal yang gampang. 
Namun, juga merupakan hal yang sangat sulit bagi kita yang masih pemula (Niassat juga masih pemula koq). Dalam hal perakitan /pemasangan LNB pada piringannya juga perlu memperhatikan jarak antar LNB yang hendak dipasang, selain itu, perlu juga diperhatikan ukuran payung parabolanya. Hal ini sangat berefek penting dalam pencarian kualitas signal dalam tindakan penyetelan selanjutnya.
Sebelum kita masuk ke ukuran jaraknya, kita sebaiknya juga mengenal ketentuan arah LNB-nya. Arah LNB yang akan dipasang, selalu mengarah ke timur dan barat. Cara mengetahui apakah LNB yang akan dipasang ke piringannya itu akan 'pas' atau 'tidak', silakan perhatikan baik-baik LNB yang anda gunakan. Di bagian permukaan atas LNB terdapat tulisan dengan ANGKA NOL [0]. Setiap LNB akan terdapat Angka Nol dimaksud. Bila memasang LNB pada piringannya masing-masing, angka nol itu harus sejajar atau juga garis Horizontalnya harus sejajar. Bila tidak sejajar, maka tindakan Anda akan menyusahkan Anda sendiri. Nah, cara lain yang sering Niassat lakukan untuk memastikan kesejajaran antar LNB yang dipasang, adalah dengan membuka tutup bagian bawah LNB. Di dalamnya, terdapat element seperti pipa kecil yang berposisi lurus melintang. Pipa kecil [ bantalan antenna] itu mengarah pada posisi nol seperti yang terdapat di permukaan atas bagian Luar LNB tersebut. Niassat menggunakan trik itu, karena satu alasan dari kami juga yaitu bahwa ada kelurusan angka nol derajat sangat berpengaruh untuk tracking satelit.Untuk LNB yang titik nol [0] derajatnya tidak searah dengan bantalan antenna dalam tabung, maka jangan hiraukan arah bantalannya. fokuskan arah titik nolnya sejajar. Jenis LNB yang titik Nol-nya tidak sejajar biasanya ada jenis LNB C-Band Merek Hansen yang mana arah bantalan antenna-nya adalah sejajar untuk antenna Vertikal. Beda halnya dengan jenis C-band keluaran terbaru sekarang ini, seperti Goldsat, Globesat, Technosat dll, arah bantalan antenna sejajar dengan garis Horizontal atau  sejajar dengan arah NOL derajat.

Nah, sekarang untuk jarak antar LNB yang akan dipasang, contoh pemasangan yang dilakakukan adalah pada LNB yang berjumlah dua.

Untuk parabola yang berukuran 8 ,10 dan 12 feet, maka jarak LNB yang satu dengan yang satunya lagi adalah berkisar antara 4 , 5 dan 6 cm
Untuk parabola yang berukuran 7 atau 6 feet, maka jarak LNB yang satu dengan yang satunya lagi adalah berkisar antara 1,15 sampai 2 cm atau 2,5-3 cm untuk yang 7 feet.

Ukuran jarak ini diukur dari sisi tabung LNB. Beda halnya yang menggunakan rumus teori, maka jarak LNB diukur dari tengah lubang tabung setiap LNB.
Cara untuk mengatasi kesalahan ukuran jarak antara LNB ketika telah memasangkan ke tiang fokus LNB, maka anda menggunakan trik dari tekhnik manual Niassat di sini.

Dengan demikian, anda sudah bisa memsangkan LNB tersebut pada tiang focus. Tindakan selanjutnya adalah melakukan penyetelan atau pencarian signal. Sudah dapat semua siaran yang diinginkan? silakan berkunjung lagi ke Niassat Service disini dan tinggalkan komentar anda kepada kami. Apabila hal ini masih belum berhasil dengan anda, silakan menghubungi Niassat Service.

"Ingat, dalam pemasangan LNB sebaiknya LNB pada holdernya atau bracket-nya harus tegak lurus, sebab, kemiringan tabung LNB di bracketnya dapat mempengaruhi hasil pelacakan dan jarak antara LNB menjadi tidak tepat."

Semoga bermanfaat dan silakan bagikan pengalaman Anda juga kepada kami. Terima kasih!

Comments (84)

Lnb yg baru dari toko klo langsung dpasang nggak akan bsa menangkap siaran, klo tidak dmodifikasi lobang tutup bawahnya,knp hal ini tdk pernah dibahas masalah penambahan lobang pd tutup.trims

Gan mau nanya dong ane kan pasang parabola tapi bukan baru itu pindahan selesai ane pasang trus ane coba tapi kenapa ya ngga bisa dapat sinyal?
mohon informasinya
terima kasih

mau nanya pak, klo sy pny matrix 6 feet n 2 lnb, bgm cara dapat satelit chinasat 6B dan palapa D? berapa jarak antar lnb n cara setting nya..mohon bantuannya...terimakasih

jaraknya pada piringan dudukan LNB dapat dikatakan 1 cm atau cara sederhananya adalah merapat kedua LNBF yang ada gunakan.
Selisih antara Palapa D dengan Chinasat 6B sangat sedikit.
cara mengaktifkannya, Di Satelite palapa D, 22k-nya = ON dan di satelite Chinasat 6B, 22k-nya OFF. Silakan geser ke arah timur payung parabola Anda.

Dalam mengaktifkan satelite ini, dibutuhkan sedikit teknik yang cukup mendukung. karena kedekatannya membuat pelacakannya sedikit rumit.

cara gampangnya, gunakan saja hidrolik. Bila menggunakan hidrolik, maka pelacakan siarannya menjadi lebih gampang dan tidak repot.

[ we can serve you guys in English Version as well in case you cannot speak Indonesian]

mas sinyal parabola saya seringhilang tiba2,setelah di goyang sedikit baru dapat lagi,itu masalahnya apa ya? thx

itu artinya kalau parabola anda sedang dalam keadaan kurang mantap posisinya ke arah satelite.

Silakan melakukan penyetelan.....

mas bro kalo sinyalny kurang giman carany?coz untk rcti sinyalny cma 40% trans 7 60% pake disk 6ftt,aq pengen sinyal di atas itu tanpa ganti disk bgaimana carany?

>> MAs bro aly:

Itu gampang banget mas bro!!
Niassat Service tak pernah merasa rugi untuk berbagi bersama sobat-sobit....

Untuk mengatasi masalah yang terjadi pada siaran televisi Anda itu dapat diatasi dengan menggunakan TRIK NIASSAT.

1). Untuk parabola 6 feet yang menggunakan tiang "FOKUS CANGKUL", perhatikan cara memasang LNBF-nya mas bro...
pasang LNBF-nya dengan jarak 1,15 cm atau rapat posisinya dengan LNB yang satu apabila Anda menggunakan fokus 2 LNB saja.
Trus, stel dengan cara menarik sedikit ke bawah pangkal Tiang fokus cangkul-nya (yang menempel dengan mounting) untuk memosisikan arah fokus ke satelit yang dilacak.
apabila, dengan cara ini memberikan gambaran bahwa kualitas signal meningkat, dan masih meningkat lagi apabila bila di turunkan, maka potong sedikit tiang fokus parabola anda mas bro.
cara lainnya, pasang LNBF dengan jarak seperti diatas, trus posisikan LNBF di piringannya dimana bagian LNB setengah diturunkan kebawah di lingkarang tempat LNB di piringannya.
di LNB terdapat format ukuran posisi, (contoh: 40,38, dsb) pasang LNB-nya pada ukuran yang palig atas.

2). Untuk parabola 6 feet bertiang fokus "JARI-JARI", silakan pasang LNB-nya dengan jarak seperti di no.1 tadi, trus posisi LNB di piringannya berada diukuran yang paling atas. lihat ukuran di bagian Luar LNB anda. (MAaf lupa berapa ukuran yang tertera disana mas bro..)

Selamat mencoba mas bro.
Apabila trik ini belum membuat mas bro berhasil, silakan kabari kendala yang masih belum teratasi dari parabola anda.
[Saran: Ga usah ganti parabola mas bro!, itu cuma ngehamburin duit......kasihan Rupiahnya mas bro!!]

4lnb 4 resever gimana cara nya mass 3lnb 2r yg satu 1r

Ada juga tipe LNB C Band keluaran lama merek Hansen, itu arah angka Nol bukan ke Barat atau Timur tapi arahnya ke Utara atau Selatan.

mas apakah bisa menggunakan lnb aja tanpa menggunakan distnya. saya pernah melihat tetangga saya tdk menggunakan dist dgn kwalitas signal lumayan bagus mohon pencerahannya ya...

To PEXALS: cos untuk sementara, Setiap LNB baru yang dibeli dari toko dapat langsung dipasang ke tiang fokus untuk dipergunakan dalam pentransferan signal Televisi.

To cupz:
Perhatikan hal-hal berikut:
1. Periksa apakah ujung connectors (penghubung ujungan kabel ke badan LNB permukaan atas) yang dah kian terpasang tidak berkarat.

2. pastikan kedudukan rata-rata payung parabola Anda tidak miring sebelah alias berada dalam keadaan/ posisi yang tepat.

3. arahkan parabola anda ke arah timur (bila ingin mencari siaran dari satelite yang terdapat di bagian timur.)dan ke barat apabila mencari siaran dari satelit di bagian barat.

4. jangan melakukan penyetelan apabila mur atau baut yang ada di mounting, tiang, atau di daun parabola tidak pas alias longgar.

5. Perhatikan posisi lokasi arah payung anda yang dipindahkan apakah tidak ada benda/barang seperti pohon, gedung, dll., yang berada tepat di depan arah parabola karena hal ini dapat mengganggu proses pencarian dan bahkan menghambat kualitas signal yang diterima.

6. untuk mempermudah anda menyetel, gunakan Digital Satelite Receiver yang dapat menampilkan KEKUATAN SIGNAL dan KUALITAS SIGNAL.
KEKUATAN SIGNAL adalah Kekuatan LNB untuk menelusuri/ melacak/mentransfer signal yang biasanya dimuat dalam bentuk PERSEN (%).
KUALITAS Signal adalah tinggi rendahnya status signal yang sudah diterima.

7. silakan nonton, dan jangan lupa kabari NIASSAT.

apabila anda belum puas dengan layanan kami, silakan Hubungi kami di nomor kontak yang sudah tertera di homepage Niassat.
Terima kasih atas komentar Anda.

tanya mas bro.. untuk tanam lnb ke piringan kedalamanya berapa ? bisa gak 1 lnb untuk 2 reciever? gmn caranya? lam kenal dari mas yogi

Bisa mas bro,Yogi, untuk tracking 1 satelit saja. pake LNB double OUTPUT untuk dua receiver tanpa dibatasi polaritas.
Kedalaman LNB tergantung diameter dish antenna parabola Anda.

4 lnb 4 r.
Gunakan 2 buah switch diseqc, 1 Switch diseqc untuk pol vertikal dan 1 untuk horizontal lalu hubungkan ke Multi-Switch ON/OFF. 3 LNB 2r sama langkahnya dengan item 4 lnb 4r.

Gan saya mau pasang 4 lnb di dish 7 feet,(palapa d,telkom,asiasat 3s dan asiasat5s)
Yg saya mau tanya kan:

1.Untuk fokus telkom dan asiasat3s apa. lnb nya mepet/dempet...?

2.Untuk kemiringan dish nya ap brubah jg,,?dr posisi saat ini (palapa telkom)..?

3.Berapa jarak masing" lnb nya..?

Tolong info dan pencerahan nya gan...

Biasanya untuk yang LNB 4 untuk yang 7 ft itu, punya bracket dan model LNB C-band sendiri. Dan satelit yang bisa di track adalah Chinasat 6B, Palapa D, Telkom1 dan asiasat 3. Tetapi bila menggunakan bracket yang biasa digunakan untuk yang 8-12 feet, itu berarti LNBnya Palapa D berkisar 1 cm ke LNB Telkom1 dan Asiasat 3 berjarak 1 cm dengan Asiasat2/5.
untuk posisi kemiringan dish-nya agak berbeda sedikit dengan yng melacak Palapa D dan Telkom1. untuk yang 4 LNB, agak naik sedikit ke arah barat , tetapi kecondongan parabola masih menghadap timur.
ikuti link ini untuk panduan 4 LNB:
http://niassat-service.blogspot.com/2013/01/cara-memasang-4-lnb-1-receiver-di.html

Thanks gan pencerahan nya...sangat membantu ...sukses selalu gan...

@Anonymous
sama2 gan..........

maaf mau tanya kalau yg di maksud dgn feet itu yang mna ??....

@fadli noncji, SP

OK, mas bro!
Sebenarnya yang dimaksud dengan feet itu adalah "SATUAN UKURAN DIAMETER PARABOLA" anda, yang mana sebenarnya feet(kaki)merupakan satuan yang sama halnya dengan perhitungan dalam sentimeter (CM) dimana, 1 feet = 30,48 cm.
jadi untuk mengukur diametr dish antenna anda, setelah dish dirakit menjadi satu keutuhan bulatan parabola, lalu letakkan dish anda di dataran rendah/di lapangan bebas, dimana bagian permukaan dish menghadap ke LANGIT, lalu silakan melakukan pengukuran diamter parabolanya. hitung berapa sentimeter yang anda dapatkan dalam pengukuran, maka jumlahnya silakan dibagi 30,48 (tiga puluh koma empat puluh delapan) dan hasilnya adalah dalam jumlah satuan KAKI/FEET. Maka feet parabola anda bisa anda ketahui dari pengukuran anda.
salam...

siang mas, salam kenal ikutan nimbrung..

makasih dah gabung mas! Salam...

mas minta pecerahan seputar parabola..sy punya 3 lnb..2 sudah terpasang.. 1 belum, lnb eks telkomvision..bisa dipasang jd 3 lnb gk? thanx

bisa mas, Sakti!
tapi dirakit sendiri ya bracket lnbf-nya. cari satu lagi bracket lnb(bisa yg bekas saja) lalu potongi bagian pegangan bracket yang nempel di tiang fokus (yg punya lobang mur penahan bracket). lakukan juga hal demikian untuk bracket yg satu. Trus padukan ujung bracket yg anda potong sehingga membentuk bracket yang digunakan untuk 4 lnb. Ingat ukuran jarak LNB untuk diameter parabola sangat berpengaruh untuk tracking satelit.
Biasanya ukuran jarak rata-rata untuk jarak satelit yang 5 derajat dengan menggunakan dish parabola yang 10 atau 9,6 feet berkisar 5 cm diukur dari sisi luar lnbf. ini bukan jarak menurut teori karena biasanya formula jarak yang dihitung menggunakan teori untuk jarak lnb terkadang meleset. kalau pake rumus dari teori, jangan lupa mengukur jarak lnb itu diambil dari "TITIK TENGAH LNB"! Bukan dari samping. tapi cara yg saya sajikan ini adalah hal test tracking satellite yang dapat menghasilkan kualitas signal yang maksimum serta langkahnya sederhana.

Lalu, kalo bracketnya sudah dipasang. anda bisa menaruh LNBnya (eks telkomvision). ingat titik nol lnb harus sejajar mas!
Lalu track satelitnya. Untuk lnb yang baru ditambah, bisa melacak asiasat 3s atau asiasat 2/5.

ok..sippp...!! mas..nanya lagi nich,dengan 3lnb sy nyari setelit, yang punya acara tv nya bagus2 seperti olah raga, otomotif, discovery,,setelit apa aja ya mas?,,thanx..

Di asiasat 3s atau asiasat 5, mas.

Salam Kenal gan..Salut Banget ma Postinganya.Aq mau nanya.Disk bekas Telkomvision pa bisa dipake ke reciever matrix,kl bs dapetnya satelit pa?

Makasih gan buat semangatnya berkunjung. (h)
jawaban dari kami: bisa gan, untuk satelit Telkom1.

ikuti arah titik nolnya untuk memasangnya di bracket.
Bila mengikuti arah bantalannya, maka polaritas frekuensinya akan menjadi terbalik. tapi tak masalah bila menguasai.

Salam dari Nias.

Bagaimana caranya pasang LNB C/KU band Combo ya?

kalau lnb Combo itu adalah LNB yang ALL IN ONE/ bentuk LNB yang termodifikasi baik dari pabrik atau rakitan sendiri dimana LNB Combo terdiri dari dua Jenis frekuensi yaitu C-band yang di bawah dan KU-Band yang di atas. Jadi cara pakainya, seperti cara memasang LNB C-band pada bracketnya. Bila di ujung "LNB BAWAH" terdapat 2 buat ujung Female Connectors maka, lihat tulisannya. kalau tertulis LNB berarti kabel dari ujung connector di LNB yang di atas C-band yaitu KU-band hubungkan dengan ujung Connector F di C-band dan ujung Connector dari C-band yang RCV hubungkan kabel koaksialnya ke receiver. Kalau dua ujung konnector C-Band terdapat berarti C-band yang di bawah menggunakan inside switch 22k.
jadi setingan untuk satellite C-Band pakai OFF dan untuk KU-band pakai 22k= ON, di program rx-nya (receiver-nya)

Salam Niassat.

min klau paralel gimana caranya
sayaa punya recever yng ada uotput bisa tdk diparalel kerecever lain dan alat apa yang harus ditambah

semuanya pasti bisa Rob. Cuman, agak kurang jelas maksudnya. Punya rx 1 atau lebih dari satu?

Klo mw paralel untuk banyak TV, bgusnya pake multi switch saja dan bebas hambatan polaritas.
tapi kalau mw pakai lewat output receiver itu, biasanya mesti ngeluarin banyak biaya trus, berapa banyak receiver yang Rob punya, segitu juga banyak receiver yang mesti Rob punya. Ga usah klo cuma untuk rumah pribadi ga mungkin mw masang 30 tv, bukan?

Contohnya saja kalau mw paralel untuk 8 televisi menggunakan 1 parabola, pakai multi switch yang beredar di pasaran seperti merek KAONsat 5x8.
nah, ini ga ngeluarin duit banyak gan.
Cuma, untuk LNB Palapa (Contoh) karena palapa Punya dua jenis polaritas yang aktif yaitu Hor dan ver jadi mesti ganti LNB dengan jenis LNB C-band yang memiliki dua ujung output di LNB yaitu Hor dan vertikal. sedangkan untuk Telkom 1 pakai lnb single aja cos dy cuma pakai satu polaritas.

semua ujung output LNB tersebut hubungkan ke Multiswitch lalu, output dari multiswicth masuk ke DVB Rec1 hingga delapan bahkan bisa ditambah hingga 20 receiver. Multiswitch biassanya pakai sistem 22k (On/Off).

Sedangkan kalau pengen paralel dengan cara menggunakan output receiver tanpa berbatas polaritas maka dari output lnb masuk ke splitter atau switch 22k/ diseqc lalu masuk ke beberapa receiver lalu ke Channel plus lalu dari channel pur di aduk oleh mixer dan dari mixer (masuk ke booster untuk jarak jauh) ke splitter atau cabang untuk langsung ke Banyak TV.

Tetapi kalau maksud Rob adalah punya 1 parabola dengan 2 lnbf (OCS->Pakai satu kabel koaksial) langsung ke receiver dan dari loopout rec masuk ke receiver lain, tindakan ini sangat menghambat pemakaian dan sangat berbatas polaritas.

Ini sama halnya klo dinamakan memparalel Induk ke Anak Induk. Maksudnya Receiver pertama yang dihubungkan kabel coaxial dari LNB merupakan induk sedangkan yang dihubungkan melalui rec. out-nya adalah anak induk. Jadi kalau di rec yang satu (Induk) buka siaran Trans TV dengan Pol Horizontal maka, channel MNCtv di rec yang satu (anak induk) akan drop unlock atau dideteksi NO Signal dan sebaliknya, begitulah kira2. berbatas Polaritas Artinya "Ngikut Polaritas channel yang sedang terbuka/aktif lebih awal"

Semoga bermanfaat, sering berkunjung untuk mendapatkan info baru dari Niassat!

mas sya tinggal di kota manna bengkulu, pakai parabola 2 lnb pakai actuator untuk asiat3s, 5, palapa telkom, dan china sinyal dapat dilock tapi kenapa untuk kearah matahari tenggelam barat sinyal setlit tidak dapat seperti thaicom, measat dll, apa kesalahannya dan gimana solusinya.? makasih mas seblumnya....

mas saya lagi masang LNB C-band Dan Ku-Band
di Piringan Bukan Jaring
gak dapat sinyal.
tolong solusi ya mas

kalau belum dapat sinyal, berarti pointing dish untuk tracking satellit tidak tepat. Untuk Ku-band memiliki 2 jenis yang mesti anda tau, yaitu jenis LNB ku-band offset dan prime fokus, supaya anda tidak kewalahan di lapangan.

ingat KU-band memiliki bandwidth yg relatif sempit dibandingkan dengan C-band. Setiap dish yang dapat dimasuki oleh Ku-band, tentunya bisa untuk C-band.

Silhkan lacak pertama satelit Telkom1 (C-band). baru masuk ke sat lain.

mau gabung boz ...
mau tanya nih, cara tracking satelit dengan disc dan lnb bekas aora, truz satelit apa aja yg bisa ditangkap, receiver pakai mpeg4 HD?
trimz bos ......

Untuk LNB jenis Ku-Band poenya Aora itu adalah jenis KU-band offset. itu bisa digunakan untuk melacak satellit berfrekuensi KU-band yang beamnya sangat besar di wilayah anda. Setiap KU-band dan dish yang digunakan sebagai OFFSET, biasanya cuma bisa dan bagusnya untuk setiap satelit yang sinyalnya besar di daerah setempat, sedangkan untuk satelit KU-Band yang agak lemah sinyalnya di daerah anda baiknya pakai LNB yang prime.

Okelah bro, elo bisa tracking KU-Band NSS6, thaicom 5 Ku dan lain2. periksa beam sat ku-band di daerah anda.

salam...........

sy punya ex indovision lengkap, trus ada 2 lnb bekas telkomvision/yes tv, 2 decorder telkomvision/tanaka, bisa ga sy manfaatin siaran channel tv luar negri gratis? klo bisa gmn caranya? & klo ga bisa..peralatan apa lg yg sy butuhkan? thx sblm nya!

mas saya pasang dist 7feet
2LNB untuk 2 reciever
klo mau nambah 1 LNB lagi untuk nangkep asiasat 5.
gimana caranya
terimakasih ats bantuannya

haloo

permisi, knp y telkom dpt trs palapanya gk bs dpt, dan di chanel palapa semua ada tulisan bertanda ($)? terima kasih sebelumnya? :)

periksa Daya LNB di receiver. Gunakan 5150 untuk C-Band.
Lakukan scaning otomatis dengan pencarian "BEBAS"

Cek beam satelit apa saja yg bisa akses ke lokasi anda di satbeams.com

salam mas.
mohon petunjuk.
gimana setting switch lnb combo tanaka dan lnb cband dalam satu dish mesh?
dan gimana setting di receiver (primasat)?
mohon pencerahannya mas..
tanks.

@Zul:
LNB Combo itu perpaduan dr C dan Ku-Band yang terbuat dalam setabung tabung milik berdua.
Kalau mau pakai LNB combo ini bagusnya pakai yang Solid biar signal KU strong, sedangkan kalau yang C-band itu ga masalah.

Nah, untuk setingan untuk receiver, tekan menu, masuk ke instalasi atau program antenna/antenna settings>>Pilih satelit C-band dengan "NILAI LNB POWER: 5150 (standard) dengan 22k= off/mati"; sedangkan untuk yg KU-Band, setelah berada pada pilihan satelit, contohnya NSS 6, lalu pilih nilai LNB power" 9750-10600 atau 10600 (Universal) dengan 22k= On/Hidup"

Perhatian:
Untuk tracking Ku-band pakai mesh dish, itu sedikit kurang memuaskan dan lebih sulit dan bahkan signal yang tampilan SQ-nya sudah tinggi terkadang drop sedikit hingga layar terkadang kabur/ macet.

Tapi tak masalah mencoba, ada baiknya gunakan Mesh dish yang 10 feet bro.

lakukan setinggan tersebut untuk setiap satelit yang ingin anda lacak, ingat pengaturan untuk C dan KU-nya.

Wah mantep banget neh tutornya, salam kenal maz bro Dari perbaikan Hp Dan Elektro

@ Arif:
Thanks bro. Salam sukses.

Salam bro,sy pnya disc n lnb bekas aora..mnta petunjuk donk cocok nya rx gnti merk apa..klo bs yg murah meriah...trus cra installment nya mnta pencerahan donk..,thank a lot bro..hehe

main ke sini saja:
http://niassat-service.blogspot.com/2013/08/sistem-setting-frekuensi-lnb-ku-band-ex.html

salam kenal bro, bagaimana menambahkan lnb c-band menjadi 3 lnb di disk venus 9 feet, mohon pencerahannya ya mas..terima kasih

tambahkan LNBnya dengan jarak yang tepat dan gunakan DiSeqC switch 4x1 sebanyak 1 unit untuk menghubungkan ketiga LNBF tersebut. Setiap output dari LNBF C-band masuk ke port/lnb 1/lnb2/lnb3/lnb4 pada DiSeqC switch....

Pengturan receiver disesuaikan seperti pemasangn kabel dari lnb ke port DiSeqC switch.

gan kalau discnya 6 feet bisa pakai 4 lnb ngak,,,? & gmna cra masangnya sya saat pakai 2 lnb, mhon pencerahannya trims & lam knal

@ Cah:
seperti apapun modelnya dan ukuran dishnya yang menentukan bagus tidaknya hasil tracking adalah JARAK LNBF di FOKUS.

mas, mau tanya.... cara memasang lnb kaonsat single ku band yang warna putih memakai parabola bekas indovision, arah angka Nol nya kemana.... apa kebarat atau ke utara-selatan. bingung untuk menentukan nya ni... tolong pencerahannya mas... sebelumnya terima kasih.

@Bang Alem:
Arah titik Null adalah Ke Utara atau selatan....

oooo gitu ya mas....
pengaturan di reseiver nya gimana mas..
saya pake tanaka campion HD yang mpeg4.. apa bisa reseiver itu pake lnb kaonsat single kuband????

@ Bang Alem:
Bisa bro, cek setting dan klik disini

ok... makasih atas informasinya mas......

permisi,salam kenal,salut atas infonya,mas saya mau pasang 1 parabola ke 2 rec,gimana caranya mas,saya udah tanya ke setiap toko-toko untuk beli switch multi 2 lnb 2 out,tapi ngk ada,malahan suruh ganti lnb yang 2 out sekaligus,tapi saya punya switch 2 input lnb dan 1 out rec.2 input dan 2 out jadi satu kemasan.kalau saya perarel akan terjadi masalah ngk mas,? atau ada cara yang lainya,soalnya saya ngk tahu sama sekali.terima kasih sebelum dan sesudahnya.

@ Heri:
saya kurang ngerti jenis LNBnya yg keq mana? 2 output 1 LNB atau gimana?
coba cek disini

mas.... sya datang lagi nih.... kok gak bisa ketemu sinyal sepercik pun setelah saya pasang LNB Kaonsat nya,.... apa lagi solusinya mas...

@bg Alem:
Cek Kondisi LNB-nya...
Cek juga kabel koaxialnya...
cek parameter di settingan rxnya....
Cek pointing dishnya

cara ngecek LNB gimana MAS.... padahal LNB-nya masih baru...

gimana caranya memodif dish mesh menjadi dish solid bro?
salam berbagi.......

This comment has been removed by the author.

mas tolong info cara memasang lnb combo
tanaka.saya pakai dish mesh paragon 8 feet
dengan 2 lnb c band untuk palapa dan
telkom.rencana lnb untuk palapa saya ganti
dengan lnb combo.gimana cara pemasangan lnb
combonya ditambah 1 lnb c band untuk telkom?
dan berapa frekwensi lnb untuk ku bandnya? tlg
infonya.

Apa masalahnya jika TP 11131 V 30000 (NSS6) dapat dilock dgn baik (signal >=68%) sementara TP lainnya spt 11635 H 27500, 11676 H 27500 dan TP lainnya tidak dapat dilock (No Signal). Ini terjadi jika LNBF C-Band dan Ku-Band dipasang dalam satu mesh dish. Kalau hanya menggunakan LNBF Ku-Band saja, hampir semua TP pada NSS6 dapat dilock dgn baik. Mohon penjelasannya! LNBF yg digunakan C-Band (22K switch inside) Tanaka dan Ku-Band Matrix MK II serta receiver Matrix ProLink HD Ethernet New dan Acctuator/Positioner Matrix DiSEqbox. Solusi yg coba digunakan mengganti C-Band tanpa switch inside dan memasang switch eksternal VENUS. Hasilnya sama saja (tidak ada perubahan). Coba ubah sedikit posisi LNBF juga tidak membuahkan hasil. Adakah solusi yg dapat diberikan?

salam kenal mas dari budi cilacap.mau tanya mas saya punya set parabola hansen model lama k1.karena saya awam saya pasang gak bisa lock satelit.malah rusak signal 0 semua.apa yg rusak lnb nya ya mas ,apa bisa diganti dg LNB tanaka.trims

salam bro criss, mohon pencerahanya lagi...
ini kutipan bro criss:
"Contohnya saja kalau mw paralel untuk 8 televisi menggunakan 1 parabola, pakai multi switch yang beredar di pasaran seperti merek KAONsat 5x8.
nah, ini ga ngeluarin duit banyak gan.
Cuma, untuk LNB Palapa (Contoh) karena palapa Punya dua jenis polaritas yang aktif yaitu Hor dan ver jadi mesti ganti LNB dengan jenis LNB C-band yang memiliki dua ujung output di LNB yaitu Hor dan vertikal. sedangkan untuk Telkom 1 pakai lnb single aja cos dy cuma pakai satu polaritas."

pertanyaannya:
saya punya LNB OCS, Untuk palapa kan ada 2 output (tulisannya LNB & Rec) klo model begini yg Output Vertikal & Horizontal yg mana ya bro?
trims.

Mas, mau nanya ... saya udah coba memasang dish indov, Lnb T-60 Tanaka, Reseaver Tanaka HD sky (ada bees keynya) susah untuk dapat sinyal NSS6, untuk posisi pasang Lnbnya bagaimana? trus jarak Lnb ke dish berapa Ukurannya?letak parabola arahnya kemana yah... yang betul (saya udah coba seperti posisi punyanya aora? Memang di settingan Daftar Satelite Gak ada, katanya harus buat yah...apakah boleh minta ada reatmenya mas, adakah situs untuk reatmenya?

Putra: terserah, yg penting setingan rx sesuai dengan penggunaan

Slam kenal Mas, saya Berto, dari kalimantan tengah.. Sya sngat suka artikel2 mas krena sngat brmamfaat dan mmbantu pemula sperti sya.. Dan yg sya mo nanya mas, Dish bekas top tv bisa ga dipasang dgan lnb c-band atau ku-band..? Trus klo bisa, dpatnya satelit apa aja..? Trima ksih mas..

Salam kenal mas,.mau tanya neh, bagai mana cara pasang lnb cband OCS untuk 2 satelite, palapa dan telkom,bisa melayani beberapa reciver dan tidak mempengaruhi masing2 polaritas, terimakasih atas pencerahan sebelumnya.

@ Berto:
Dish bekas Top tv bisa dipasangkan dengan LNB C dan Ku Band. kalau C-band, bisa dapat Telkomvision, Kompastv, toptv dll. dimana decoder yang digunakan adalah decoder berbayar.
Kalau Ku-band bisa dapat Nss 6 dan beberapa satelit lain sesuai dengan darah anda.
Salam.

Mas criss,mo nanya ne.aku punya lnb tanaka dengan 4 output (model : t-84) gimana cara pasangnya.trimakasih atas bantuanta

Mz..sy mau tanya,sy punya 2 lnb c matrix quatro,yg masing"lnb ada 4 keluaran receiver,single output.selama ini untuk menggabungkan 2 lnb itu sy gunakan diseqc 2×1 4buah,jd untuk 4 receiver.Sekarang sy ingin menjadikan 2 lnb 4 single output itu bisa untuk 8 receiver,gmn caranya mz?,ap sy bs pakai diseqc 2×2.?artinya sy gunakan diseqc yg bisa menggabungkan 2 lnb single output dan memiliki 2 keluaran receiver,sebanyak 4 buah diseqc 2×2.,trmksh

Tingi dan rendahx tiang parabola apa pengarug mas bro?

Mas, mini dish Orange bisa buat nangkap satelit selain palapa Ku band gak ya? Trus klo dipasang 2 lnb di mini dish Orange bisa gak ya? Trmksh

Saya membawa perangkat Indovision ke Port Moresby PNG , saya coba ikuti semua instruksi pemasangan dan arahkan kesemua arah dish tapi signal belum juga di dapat.Mohon saran agar saya dapat menikmati siaran dari Indonesia dengan baik

salam sejahtera, mau minta ilmunya gan minta tolong berapa jarak antar lnb untuk mesh paragon 10 ft dengan 4in1 lnb

mas, kalo arah parabola terhalang sama pepohonan/bukit apa solusinya?
(jangan nyuruh pindah) hehe

Mas, mau nanya ya nich saya menggunakan lnb venus duo 8122, saya menggunakan kvision c1000 dan matrix prolink new, yg saya tanyakan kenapa untk freq 3600MH 31000Ks vertikal pada PalapaD kok tidak terdeteksi, tp begitu lnb saya gunakan yg utk telkom 1 justru mau kira kira dimana salahnya ya

Post a Comment

Terima kasih Anda meninggalkan komentar dengan baik dan sopan.
Semoga kemurahan rezeki tertuju di pihak Anda saat ini!